Pengenalan Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source ~ RenSEO

Pengenalan Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source

Pengenalan Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source


Halo kawan, kali ini Admin Ren ingin mengenalkan Sistem Operasi yang berbasis Open Source yaitu Linux. Siapa yang tidak kenal dengan Sistem Operasi Linux? Menurut Admin Ren, Sistem Operasi Linux ini sebenarnya sudah terkenal dan bisa jadi Sistem Operasi Linux mampu bersaing dengan Sistem Operasi yang lainnya. Banyak Distro-distro Linux yang sudah dikembangkan oleh Programmer, salah satunya Distro yang sering dipakai oleh user Linux yaitu Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS, dan masih banyak lagi. 


Mengenal Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source


Linux adalah nama sebuah sistem operasi(bahasa inggrisnya Operating System) yang dibuat oleh Linux Torvalds yang berguna untuk kinerja PC secara Multitasking dan MultiUser. Maksud dari Multitasking yaitu dapat dijalankan di beberapa aplikasi secara bersamaan. Dan maksud dari MultiUser yaitu mendukung untuk si User dalam penggunaan aplikasi untuk melayani beberapa user sekaligus.

Sebenarnya, Linux itu Tiruan atau Clone dari UNIX. Pada dasarnya sistem operasi UNIX ini bersifat Portable yaitu tidak ketergantungan pada Hardware atau Perangkat keras tertentu sehingga sistem operasi ini dapat digunakan untuk berbagai platform lain seperti PC, Laptop, Notebook, hingga SuperComputer sekalipun. Linux ini sudah sangat populer dan banyak diminati oleh orang lain, biasanya sih Programmer atau yang ingin mengenal Sistem Operasi Linux. UNIX Merupakan Sistem Operasi komersial dan juga mahal, selain itu UNIX berbasis Close Source. Pada awal terciptanya UNIX, sistem operasi UNIX hanya bisa digunakan untuk Computer besar dan juga SuperComputer.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

Untuk instalasi UNIX pun harus memiliki kapasitas harddisk yang sangat besar dan bisa terbilang boros, makanya UNIX tidak disarankan untuk PC yang spesifikasinya minim. Maka dari itu UNIX memilliki tiruannya, diantaranya Minix dan Linux. Linux memiliki banyak keunikan dan juga kelebihannya yang tidak dimiliki oleh sistem operasi yang lainnya. Kelebihan dari Linux yaitu Free Software, artinya Software atau Perangkat Lunak itu bebas dipakai alias gratis.



Perbedaan yang Paling Mendasar dari Linux

Yang membedakan Linux dengan sistem operasi lainnya adalah masalah harga. Menurut Admin Ren, Linux ini lebih murah dibandingkan sistem operasi lainnya, selain harga yang terjangkau murah, juga dapat didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee kepada seseorang yang membuatnya. Selain masalah harga, ini masalah source code. Kita bisa membuat Sistem Operasi sendiri yang berbasis Linux, dan juga bisa dikembangkan dan dikembangkan kembali. Kebebasan inilah yang bisa membuat kamu bisa berkreasi dan juga mengembangkannya sendiri tanpa harus mendapatkan License Source Code yang mahal untuk ditanda tangani.


Kelebihan dari Linux


Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Sistem Operasi Linux ini, berikut penjelasan tentang Kelebihan dari Linux:
  1. Linux memberikan beberapa proses spesial seperti halnya kamu menggunakan terminal, printer dan device harfware(Perangkat Keras) lainnya dapat di akses seperti halnya kita mengakses file yang tersimpan pada Harddisk.
  2. Linux menyediakan servis untuk membuat, modifikasi software, proses dan file.
  3. Linux mendukung struktur file yang bersifat Hirarki
  4. File ISO untuk Linux sudah bisa didownload di Internet, dan juga Gratis.
  5. Cocok untuk kalian yang memiliki kapasitas komputer yang tidak terlalu besar, dan dapat dipasang di platform lainnya seperti laptop, notebook.

Itulah penjelasan dari Admin Ren untuk memperkenalkan Sistem Operasi yang berbasis Open Source ini yang bernama Linux. Kapan lagi untuk gratisan, pada Zaman ini kan jarang yang namanya gratisan. Oke cukup sekian dari penjelasan Admin Ren mengenai  Pengenalan Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source. 
Wassalamualaikum Warrahmatulahi Wabarakatu.

Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Linux / Operating System / Sistem Operasi dengan judul Pengenalan Linux, Sistem Operasi yang Berbasis Open Source. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL https://renseo.blogspot.com/2015/11/pengenalan-linux.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 comments

Klik di sini untuk bercomments

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon