Sejarah Internet serta Perkembangannya ~ RenSEO

Sejarah Internet serta Perkembangannya


Sejarah Internet serta Perkembangannya
Sejarah Internet serta Perkembangannya

Assalamualaikum kawan, kali ini Admin Ren ingin membahas tentang "Sejarah Internet dan perkembangan internet". Sekarang di seluruh dunia sudah bisa menikmati fasilitas internet, dari semua kalangan bisa menikmatinya kawan. Mungkin ada beberapa di daerah masing-masing negara terutama Indonesia yang tidak bisa menikmati indahnya berinternetan(wakaka, lebay nih Admin Ren). Kenapa Admin Ren sebut indah kawan? Karena, di internet itu semua yang kita butuhkan itu sekarang sudah serba ada kawan, terutama untuk para pelajar pasti sangat membantu untuk menjawab soal-soal yang kalian tidak mengerti, hehe.

Perkembangan internet pun kian berkembang seiring berjalannya waktu kawan, dan bisa dibilang perkembangan internet itu sangatlah pesat. Dulunya, yang bisa menikmati fasilitas internet itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya serta fungsinya pun sangat terbatas kawan, tidak asik kan kawan kalau fungsinya hanya terbatas tidak seperti sekarang, hehe. Pada zaman modern ini semua orang dan semua kalangan bisa menikmati internet dengan fungsi yang beragam deh kawan.

Internet bisa membantu kita untuk menemukan seseorang yang sudah lama kita tidak jumpa eh tau-taunya kita bisa berkomunikasi kembali dengan orang yang sudah lama kita tidak jumpa lagi. Itu salah satu manfaat dari internet kawan, ada lagi kawan manfaat lainnya yang bisa kita dapat dari penggunaan internet tersebut, mau Admin Ren berikan manfaat lainnya kawan? Oke kawan satu lagi deh Admin Ren akan memberikan manfaat lainnya yang bisa kita dapat dari penggunaan internet. Seperti yang sudah Admin Ren bahas dibagian awal itu kawan, bahwa Internet itu membantu para pelajar menurut Admin Ren. Kenapa begitu? Karena, ketika para pelajar sedang kesulitan untuk menemukan jawaban dari soal-soal yang mereka miliki, ketika para pelajar itu menggunakan internet, taraa sudah ketemu deh jawabannya, hehe. Nah itu kawan salah satu manfaat lainnya dari penggunaan Internet(Bukan berarti Admin Ren mengajarkan para pelajar untuk bermalas-malasan ya).

Oke kawan, lanjut yuk ke inti pembahasannya yaitu sejarah internet serta perkembangannya ya kawan. Oke simak selanjutnya penjelasan dari Admin Ren mengenai sejarah internet beserta perkembangannya.

Sejarah Internet


Mulainya sejarah internet itu pada bulan agustus tahun 1962 kawan. Terciptanya internet pertama kalinya itu dikemukakan oleh seseorang yang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dari internet ini dinamakan "Galactic Network" oleh Licklider. Licklider mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja dan kapan saja. Pada bulan oktober tahun 1962, Licklider menjadi ketua dari program peneilitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departement Pertahanan Amerika Serikat. Proyeknya itu bernama "ARPANET".

Baca juga nih GloriMelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik di IndonesiaInvestasi Apartemen di Signature Park Grande Oleh Pikko Group

Proyek ARPANET merupakan merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang pada akhirnya semua standard yang mereka tentukan menjadi pembangunan protokol yang baru, protokol yang baru ini lebih dikenal sebagai TCP/IP, atau singkatannya dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

Pada awalnya, proyek "ARPANET" ini karena adanya keperluan militer. Pada saat itu, Departement Pertahanan Amerika Serikat ini membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi bila terjadinya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi pada perang yang mudah dihancurkan.

Pada tahun 1967, ARPANET telah melibatkan empat komputer yang terkoneksi oleh jaringan komputer.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson sebuah program yang memungkinkan surat elektronik(yang sekarang dikenalnya itu email) dikirim melalui jaringan ARPANET. Ray lah yang merancang konversi "user@host" pada tahun 1972 pula ARPANET menggunakan NCP untuk mentransfer data. Pada tahun yang sama, ARPA menggantikan namanya menjadi DARPA. Pada tahun yang sama pula ARPANET melakukan koneksi internasional yang pertama kalinya dengan University College of London dan Royal Estabhlishment di Norwegia.

Pada tahun 1978, Unix to Copy Protocol ditemukan di Laboratorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan transfer file.

Pada tahun 1979, news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steven Bellovin.

Pada tahun 1982, DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk sebuah protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET.

Pada tahun 1983, John Postel, Paul Mockapetris, dan Craig Partidge telah mengembangkan Domain Name System(singkatnya DNS) dan mengusulkan sistem pengamatannya itu berbentuk user@host.cdomain.

Pada tahun 1984, DNS telah diperkenalkan di internet dengan menyebut nama jenis domainnya saja kawan, seperti .gov, .org, .com, dan .net.

Pada tahun 1986, TCP/IP mulai tersedia pada workstation dan PC. Pada tahun tersebut pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.

Wah sudah selesai kawan bahas tentang sejarah internetnya, yuk kita beralih ke perkembangan internetnya. Oke kawan langsung saja ya Admin Ren akan menjelaskan mengenai tentang Perkembangan pada Internet.

Perkembangan Pada Internet


Pada tahun 1957, Uni Soviet telah meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

Pada tahun 1958, Sebagai buntut dari kekalahan negara Amerika Serikat dalam peluncuran wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departement Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency atau singkatnya ARPA yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan serta ilmu teknologinya. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

Pada tahun 1960, teori mengenai "packet-switching" dapat di implementasikan kedalam dunia nyata.

Pada tahun 1962, sejarah internet bermulai pada tahun tersebut. Seseorang J.C.R Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi dimana komputer-komputer dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya secara global.
Pada tahun 1965, istilah hypertext dikemukakan oleh seseorang yang bernama Ted Nelson.

Pada tahun 1968, jaringan Tymnet telah terbuat.

Pada tahun 1971, anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan University.

Pada tahun 1972, sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group atau singkatnya INWG dibuat untuk teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar jaringan komputer, termasuk diantaranya yaitu Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian Vint dijuluki sebagai "Bapak Internet".

Pada tahun 1973, pada tahun tersebut, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa university di luar negara Amerika Serikat, yaitu University College of London dan Royal Radar Establishment.

Pada tahun 1974, BBN, Pontraktor untuk ARPANET telah membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telnet yang merupakan layanan paket data publik pertama.

Pada tahun 1977, sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

Pada tahun 1979, Group diskusi usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin. Setelah itu, pengguna usenet pun meningkat secara drastis.

Pada tahun 1980, komputer pribadi pada tahun tersebut sudah banyak dimiliki oleh masyarakat. Tahun tersebut tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung dengannya. Layanan BITNET pun telah dimulai, dengan menyediakan layanan email, mailing list, dan juga FTP. CSNET pun dibangun pada tahun tersebut oleh para ilmuwan dan para pakar di bidang ilmu komputer dari berbagai universitas

Pada tahun 1982, istilah "Internet" pertama kalinya digunakan pada tahun tersebut, dan TCP/IP telah diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.

Pada tahun 1986, diperkenalkanlah domain name system atau singkatnya DNS yang berfungsi untuk pemberian nama pada alamat di jaringan komputer.

Pada tahun 2000, internet pun pada tahun tersebut telah berkembang pesat, hal ini bisa dibuktikan dengan munculnya miliyaran situs di seluruh dunia, dan bisnis digital pun mulai berdatangan dan menjadi tren berkat perkembangan internet yang begitu pesat.

Oke kawan, pembahasan mengenai tentang Perkembangan pada internet sudah selesai nih kawan. Gimana kawan dari penjelasan diatas, apakah kamu memahaminya? Semoga kalian faham ya apa yang Admin Ren jelaskan kepada kalian, hehe. Jadi kawan, internetpun bisa menjadi tempat pendidikan bagi kita semua yang bisa mengaksesnya, selain menjadi tempat pendidikan, internet pun bisa menjadi tempat hiburan bagi kamu yang lagi suntuk dan sedang merasa bosan.

Jadilah pengguna internet yang cerdas dan juga bijak ya kawan. Oke kawan, sekian ya dari Admin Ren mengenai pembahasan tentang Sejarah internet serta Perkembangannya. Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Internet / Komputer / Laptop dengan judul Sejarah Internet serta Perkembangannya. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL http://renseo.blogspot.com/2016/05/sejarah-internet-serta-perkembangannya.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon