Pengertian dan Fungsi dari RAM [Random Access Memory] ~ RenSEO

Pengertian dan Fungsi dari RAM [Random Access Memory]

Pengertian dan Fungsi dari RAM [Random Access Memory]


Halo kawan, mungkin sebagian orang sudah mengetahui bentuk RAM, dan juga pengertian dari RAM, dan juga fungsi dari RAM. Oke yang telah lalu Admin Ren membahas mengenai SEO, sekarang Admin Ren membahas yang berkaitan dengan Komputer. Admin Ren akan membahas lebih dalam mengenai RAM. Oke sekarang kamu simak untuk pembahasan ini.

Apa itu RAM?


RAM yang kepanjangan dari Random Access Memory adalah tempat untuk penyimpanan data yang bersifat sementara yang isinya bisa diakses dalam waktu tertentu, tidak memperdulikan letak datanya dalam memory atau random. Jadi begini, RAM ini hanya sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara saja ketika kamu memakai komputer atau software tertentu, setelah kamu mematikan komputer data itu tidak akan bekerja karena dia menyimpannya hanya sementara. Supaya RAM ini diprosesnya dengan cepat, RAM ini bersifat Volatile yang artinya membutuhkan aliran listrik. Berbeda dengan Media Penyimpanan lainnya seperti Flashdisk, Hardisk atau Hard Drive, dan juga CD/DVD yang bersifat Non-Volatile yang tidak membutuhkan aliran listrik.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

RAM ini bekerja saat komputer tersebut dalam situasi aktif saja, kalau tidak aktif ya RAM tersebut tidak akan bekerja. Untuk struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, apa saja ya? simak penjelasan dibawah ini:

1. Input Storage


Input Storage ini yang berfungsi untuk menampung inputan atau masukkan yang dimasukkan dari alat input.

2. Program Storage


Program Storage yang berfungsi sebagai penyimpanan intruksi program yang akan diakses nantinya.


3. Working Storage


Working Storage merupakan bagian dari RAM yang berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah beserta hasil pengolahannya.


4. Output Storage


Yang terakhir nih, jika ada input pasti ada output dong. Output Storage ini berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan ditampilkan kedalam perangkat output itu sendiri.


Struktur yang ada di RAM sudah dijelaskan, sekarang Admin Ren akan membahas mengenai Fungsi dari RAM. 


Fungsi dari RAM


Fungsi dari RAM tersebut adalah untuk mempercepat pemrosesan data terhadap Komputer. Semakin kapasitas RAM itu besar maka kinerja komputer pun akan semakin cepat untuk pemrosesan. Kerja RAM dapat dilihat di Task Manager pada Windows (Untuk Linux dan OS lainnya saya belum mengetahuinya) di dalam System Komputer. 

Baca juga ya tentang Pengertian dan Fungsi dari Hardisk atau Hard Drive

Oke sudah membahas fungsi dari RAM, sekarang Admin Ren akan membahas mengenai Model atau Type dari RAM. 


Model / Type RAM

Model RAM terdiri dari 4 model, yaitu:


DRAM (Dynamic RAM)


Dynamic RAM adalah model RAM yang secara brekala hraus di refresh di CPU supaya data yang ada didalamnya tidak hilang.


SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)


SDRAM merupakan model RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock system dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM. Untuk system dengan bus yang mempunyai kecepatan sampai 100 MHz.


RDRAM (Rambus Dynamic RAM)


RDRAM merupakan model RAM yang memiliki kecepatan yang lebih dan juga harganya pun mahal daripada SDRAM, mengapa mahal? karena kinerjanya itu cepat. Model RAM ini dapat digunakan kepada System Pentium 4.


SRAM (Static RAM)


SRAM adalah model RAM yang tidak memerlukan penyegaran terhadap CPU supaya data tersebut ada didalamnya dan tetap tersimpan dengan rapih. Model RAM ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM, SDRAM.


EDO RAM (Extended Data Out RAM)


EDO RAM adalah model RAM yang dapat digunakan kepada pengguna System Pentium. Cocok untuk mempunyai bus dengan kecepatan 66 MHz.

Selesai deh penjelasannya mengenai tentang Pengertian dan Fungsi dari RAM. Sekarang kamu sudah faham tentang Apa itu RAM? Pengertian dari RAM? Fungsi dari RAM itu apa? Struktur RAM itu apa aja? Dan Model-model RAM itu seperti apa? Jika kamu belum faham mengenai RAM, Admin Ren mempersilahkan kamu untuk bertanya didalam kolom komentar saja ya. Oke cukup itu saja yang bisa Admin Ren jelaskan mengenai Pengertian dan Fungsi dari RAM. Sekian dan Terimakasih
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Laptop / Media Penyimpanan dengan judul Pengertian dan Fungsi dari RAM [Random Access Memory]. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL http://renseo.blogspot.com/2015/09/pengertian-dan-fungsi-dari-ram.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon