Apa itu Monitor? ~ RenSEO

Apa itu Monitor?

Pengertian dan Fungsi Monitor
Assalamualaikum kawan, Admin Ren ingin menjelaskan sesuatu nih tentang Apa itu Monitor. Untuk kalian yang sering bermain Warnet pasti memakai PC dan ada monitornya. Kamu tau tidak Fungsi Monitor itu apa? Kalau dari pengertian monitor Admin Ren kira kalian sudah mengetahuinya, tetapi untuk kalian yang belum mengetahuinya, kita bahas dimari.


Apa itu Monitor?


Pengertian Monitor adalah Hardware(Perangkat Keras) yang digunakan sebagai alat output data secara gradis pada CPU, kamu bisa menyebutnya Monitor itu sebaga Layar Tampilan Komputer. Pentingkah Monitor untuk PC/Komputer? Admin Ren kira penting, karena aktifitas komputer tidak bisa dilihat tanpa adanya monitor, lantas kamu beli PC/Komputer tanpa Monitor apa yang kamu lihat? Percuma kan tidak ada monitor, malah tidak terpakai sama sekali. 


Fungsi dari Monitor


Tanpa sadar, sebelumnya Admin Ren sudah menjelaskannya lho fungsi dari monitor, tapi Admin Ren jelaskan kembali deh yang lebih detailnya. Lantas fungsi monitor untuk apa? Monitor berfungsi sebagai output dari CPU. Monitor akan mengubah dari bahasa biner menjadi bahasa manusia yang bisa ditampilkan kedalam layar monitor sehingga si user bisa melihat aktifitas-aktifitas pada PC/Komputer.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia
 
Semua monitor pun memiliki jenis resolusi untuk menampilkan aktifitas-aktifitas apa pada komputermu. Ukuran inci LC memberitahu kita jenis resolusi yang tersedia di monitor tersebut. Sebuah laya monitor berukuran 17 Inci memiliki resolusi sebesar 1025x1200, sedangkan layar yang ukurannya 20 Inci memiliki resolusi sebesar 1600x1200. Lebih joss dan mantap ya dengan resolusi yang begitu waw. Dari jumlah inci ada maksudnya lho, maksudnya adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun Laptop memiliki build-in Monitor, tidak semua laptop tersedia dengan Port S-Video, kabel S-Video gunanya untuk memasukki layar Desktop kamu kedalam televisi yang sudah ada Port tersebut. Jika televisi tersebut berubah ke input yang sudah tepat, maka akan bertindak sebagai Clonning dari Layar Laptop kamu. Di monitor memiliki 4 Jenis, yaitu:


1. CRT(Chatode Ray Tube)


Pengertian dan Fungsi Monitor

Monitor Jenis CRT merupakan monitor yang bentuknya seperti tabung sinar katoda, kebanyakkan sih masyarakat(termasuk Admin Ren) menyebutnya sebagai Monitor Tabung. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Monitor CRT dan Televisi Tabung ya tidak jauh bedanya lah. Cara Kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik titik kecil terhadap layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat oleh kontras yang sudah maximal, sedangkan kalau di perkecil kontrasnya makin gelap monitor tersebut. Dari segi harganya, Monitor CRT lah yang lebih murah dibandingkan dengan monitor-monitor lainnya. Kelemahan dari CRT ini adalah dari ukurannya yang berbentuk tabung yang mengakibatkan boros tempat. Singkatan dari CRT adalah Chatode Ray Tube.


2. LCD(Liquid Cristal Display)


Pengertian dan Fungsi Monitor

Jenis Monitor ini menggunakan media kristal, makanya singkatan dari LCD itu ada kaitannya dengan kristal. Cara kerja LCD itu memancarkan sinar melalui kristal cair, kemudian dipancarkan secara elektrik sehinga membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Masalah ukurannya, LCD ini menggunakan teknologi Flat Panel Display yang artinya Monitor Berlayar Datar. Kemampuan dari LCD adalah LCD ini memiliki resolusi yang tinggi dibandingkan dengan Jenis Monitor CRT. Singkatan dari LCD adalah Liquid Cristal Display.


3. LED(Light Emitting Diode)



Pengertian dan Fungsi Monitor

Sepertinya jenis monitor yang satu ini kalau dari bentuknya ya mirip-mirip lah dengan Monitor LCD. Tetapi, monitor LED ini lebih ramping daripada monitor LCD. Monitor LED memunculkan tampilannya terhadap layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi Backlight. LED lebih efisien untuk mengeluarkan cahaya. Kelebihan dari monitor LED ini adalah pemakaian listriknya lebih hemat dibandingkan dengan Monitor LCD. Masalah harga, LED lah yang cukup mahal dibandingkan dengan monitor LCD dan monitor CRT. Singkatan dari LED adalah Light Emitting Diode.


4. Plasma


Pengertian dan Fungsi Monitor
Jenis monitor ini merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakan diantara dua lapisan plat kaca. Pada laposan gas itu dialiri listrik sehingga memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Masalah kualitas gambar memanglah terbaik daripada jenis monitor yang lainnya. Monitor plasma menggunakan teknologi gabungan dari jenis monitor CRT dan monitor LCD. Bentuknya pun hampir menyerupai LCD, dan sudut pandangnya pun luas yang menyerupai monitor CRT. Masalah harga, pasti mahal kalo jenis monitor yang satu ini.

Kini sekarang sudah tau pengertian monitor, fungsi monitor, jenis jenis monitor? Semoga penjelasan singkat ini memberikan kamu pencerahan. Dari jenis jenis monitor yang ada, apakah ada yang memakai jenis monitor plasma? Atau menggunakan jenis monitor yang lainnya? Berikanlah jawaban kamu pada kolom komentar. Sekian dari Admin Ren untuk penjelasan Apa itu Monitor, Pengertian Monitor, Manfaat Monitor, dan tentang monitor lah pokoknya.
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabaraktu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Komputer / Laptop dengan judul Apa itu Monitor? . Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL http://renseo.blogspot.com/2015/11/pengertian-monitor.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »