Pengertian dari VPN dan Fungsinya ~ RenSEO

Pengertian dari VPN dan Fungsinya

Pengertian dari VPN dan Fungsinya


Halo kawan, pembahasan baru kita ini mengenai tentang Pengertian dari VPN dan FungsinyaAdmin Ren akan menjelaskan tentang Apa itu VPN? Pengertian dari VPN itu apa? Fungsi dari VPN itu apa?
Silahkan disimak untuk pembahasan ini.


Apa itu VPN?

VPN atau kepanjangan dari Virtual Private Network yaitu sebuah cara aman untuk mengakses local area network atau LAN yang berada di jangkauan tertentu saja.Salah satu fungsi dari VPN yaitu keamanan untuk berkomunikasi ataupun pertukaran data, tidak memungkinkan dari pihak lain untuk menyusup ke lalu lintas jaringan(Traffic) yang tidak seharusnya.

Menurut IETF (Internet Engineering Task Force), VPN is an emulation of a private Wide Area Network(WAN) using shared or public IP facilities, such as the internet or private IP backbones. VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network atau Internet, dengan menekankan pada keamanan data dan akeses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui tunnel virtual antara dua node.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

VPN menghubunkan dari komputer dengan jaringan public atau internet namun bersifat private atau Khusus, karena bersifat Private atau Khusus maka tidak semua orang mendapatkan koneksi ke jaringan itu serta mengakses bersama. Hal ini dilakukan guna untuk menjaga keamanan dalam pertukaran data ataupu informasi.


Bagaimana Cara Kerja VPN itu?

Konsep kerjanya VPN itu hanya memerlukan satu buah server yang berguna selaku penghubung antar komputer. Kalau digambarkan ya kira kira contohnya seperti ini:

internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

apabila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet, conohnya seperti ini:

Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B

Jadi, semua koneksi diatur oleh si VPN Server sehingga mereka dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya itu lanjay atau lancar jaya.


Apa Fungsi VPN itu?


VPN atau Virtual Private Network mempunyai 3 Fungsi, yaitu:
  1. Confidentially
    VPN merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan jaringan publik yang pastinya sangat rawan dari pencurian data. VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, keamanan data menjadi lebih terjamin. Walaupun ada pihak yang mampu menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri. Jadi, Confidentially ini dimaksudkan agar informasi yang ditransmisikan hanya boleh diakses oleh sekelompok user yang berhak.
  2. Data Integrity(Keutuhan Data)
    Ketika kamu melewati jaringan internet, sebenarnya data itu telah berjalan sangat jauh melewati berbagai negara. Pada saat perjalanan itu, berbagai gangguan mampu menghadapi terhadap isinya, entah menghilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya . Pada VPN terdapat teknologi yang cukup mampu menjaga keutuhan data mulai dari data yang dikirim hingga data sampai ditempat yang dituju.
  3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber) 2
    VPN ini memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber pengiriman data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemaksaan terhadap semua data yang masuk bersama untuk mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data itu akan disetujui apabila proses autentikasinya itu berhasil. VPN menjamin semua data yang dia kirim beserta menerima dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data apapun yang dipalsukan atau dikirim kepada pihak lain.

VPN ini banyak digunakn oleh perusahaan untuk menjaga kerahasiaan data ataupun informasi penting yang mereka miliki. Selain penggunaannya mudah, biaya yang mereka keluarkan juga tidak begitu besar.
Apa kamu sudah mengerti apa itu VPN? Cara Kerja VPN itu bagaimana? dan Fungi VPN itu apa? 
Cukup sekian dari saya untuk pembahasan mengenai Pengertian dari VPN dan Fungsinya
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Internet / Komputer dengan judul Pengertian dari VPN dan Fungsinya. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL http://renseo.blogspot.com/2015/08/pengertian-dari-vpn-dan-fungsinya.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 comments:

Klik di sini untuk bercomments
December 9, 2015 at 5:54 AM ×

Hmmm bedanya vpn sama vps itu apa ya mas? Sama-sama ada VP nya perasaan. Oh ya gunain vpn itu berbayar ya mas?

Selamat Untuk Jefry Dewangga Kamu Yang Berkomentar Pertama Kali...
Balas
avatar image

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon