Yuk Mengetahui Sejarah Komputer ~ RenSEO

Yuk Mengetahui Sejarah Komputer

Membahas tentang bagaimana sejarah komputer dari masa ke masa, dan juga mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari masa ke masa, dan ada membahas sedikit mengenai tentang pengertian komputer.

Assalamualaikum kawan, kali ini Admin Ren ingin membahas sesuatu yang masih ada kaitannya dengan komputer nih kawan. Di artikel sebelumnya Admin Ren sudah membahas Pengertian Apa itu Komputer, dan di artikel ini akan membahas mengenai tentang sejarah-sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa kawan. Di artikel ini kita akan flashback sejenak mengenai tentang sejarah komputer dari masa ke masa kawan, hehe. Dan kamu yang belum mengetahui pengertian komputer dan belum mengenal apa itu komputer, baca juga ya artikelnya di http://renseo.blogspot.com/2016/08/apa-itu-komputer.html. Di artikel tersebut sudah Admin Ren jelaskan mengenai tentang definisi serta pengertian apa itu komputer kawan, hehe.
Kita hidup pada zaman modern, dimana teknologi-teknologi canggih bermunculan pada zaman ini kawan, hehe. Gimana tidak, teknologi kian berkembang dengan begitu pesatnya sampai saat ini kawan, terutama dalam hal komputerisasi kawan. Bagaimana tidak berkembang sangat pesat kawan, wong di zaman sekarang ini dari berbagai kalangan sudah bisa merasakan untuk menggunakan komputer dan juga komputer jinjing(laptop) dengan harga yang bervariasi tentunya kawan, hehe. Oke kawan, kembali ke inti pembahasannya itu tentang sejarah komputer dari masa ke masa kawan, hehe.

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Admin Ren akan sedikit mengulas mengenai tentang pengertian komputer kawan, sedikit ya tidak banyak kok, hehe. Pengertian Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan penginputan, lalu mengolah data inputan, memberikan suatu informasi, dan menggunakan suatu program yang sudah tersimpan pada memori komputer tersebut, dapat menyimpan hasil pengolahan input data, dan juga dapat bekerja secara otomatis tanpa kita mengoperasikannya.
Komputer juga sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari baik untuk menggunakannya sebagai pekerjaan, maupun sebagai hiburan sejenak kawan, hehe.

Dan pada zaman sekarang ini, berbagai macam instansi sudah mengoperasikan dan juga menggunakan sebuah komputer dalam pekerjaannya setiap hari kawan. Selain itu kawan, belanja saja sudah bisa dirumah kawan. Gimana bisa Admin Ren? Ya bisa dong kawan, sekarang di dunia maya atau internet sudah ada yang namanya online shop kawan, dimana kita berbelanja secara online menggunakan perangkat elektronik seperti halnya komputer, komputer jinjing(laptop), dan juga menggunakan smartphone kamu sendiri juga sudah bisa kok kawan, hehe.

Ohh iya kawan, Admin Ren mau bertanya kepada kalian, ada berpakah generasi komputer hingga sekarang? Hmmm, kalau kamu belum mengetahuinya, yuk simak lebih lanjut pembahasan ini sampai selesai.
Sejauh yang Admin Ren ketahui, dan juga menurut wikipedia pun ada 5(lima) generasi komputer kawan. Tetapi, ada yang bilang kalau generasi komputer itu ada 7(tujuh) generasi komputer, ada juga yang bilang ada 6(enam) generasi komputer. Dan Admin Ren mau mencoba membahas 5(lima) generasi komputer di aja deh pada artikel ini, hehe.

Komputer Generasi Pertama

Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membuat sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang bersama pun peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
Komputer Generasi Pertama
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membuat sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang bersama pun peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode biner yang berbeda yang disebut dengan "bahasa mesin" dalam bahasa inggrisnya adalah "machine language". Hal ini menjadikan komputer sulit buat diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu terlihat berukuran amat besar) dan silinder magnetik yang berfungi sebagai penyimpan data.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

  • Silinder magnetik buat menyimpan data
  • Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
  • Kapasitas penyimpanan kecil.
  • Program cuma dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
  • Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
  • Cepat panas.
  • Proses kurang cepat.
  • Memerlukan dya listrik yang besar.
  • Orientasi pada aplikasi usaha.

Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, bersama komputer. Sampai jadi berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

  • Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik.
  • Tidak terlalu lebih dari satu mengeluarkan panas.
  • Program mampu di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), contohnya FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa mengerjakan jutaan operasi per detik.
  • Memerlukan lebih sedikit daya listrik.
  • Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)


Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Ketiga
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada satu buah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) beserta monolithyc (MST). SLT merupakan transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan dan dalam satu chip. MST lebih kesil namun mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga:

  • Ditemukannya IC sampai jadi merombak arsitektur komputer secara keseluruhan
  • Sudah menggunakan terminal visual display dan mampu mengeluarkan suara.
  • Kinerja komputer menjadi lebih cepat bersama tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Pemakaian listrik lebih hemat bersama lebih efisien.
  • Kemampuan mengerjakan multiprocessing dan multitasking.


Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat
Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III bersama perbedaanya merupakan IC pada generasi empat lebih kompleks bersama terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut pun dengan panggilan Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang mampu menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Ciri-ciri komputer Generasi keempat :

  • Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip buat memori komputer
  • Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi satu buah chip

Komputer Generasi Kelima

Komputer Generasi Kelima
Komputer Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membikin micro-processor merupakan: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terkini dari Intel Corporation yang diharapkan mampu menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan bersama kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Potret-foto yang ditampilkan menjadi lebih halus bersama lebih tajam bersama keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun mendapat potret pula menjadi semakin cepat.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

Oke kawan, pembahasannya sudah selesai niihh. Cukup banyak ya kawan komputer untuk bergenerasi, hehe. Sekian ya dari pembahasan ini mengenai tentang "Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa" semoga artikelnya membantu untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah komputer dan juga membantu sekali untuk tugas kamu di sekolah yang ada kaitannya dengan sejarah komputer, hehe.
Ohh iya kawan, baca juga ya artikel review dari Admin Ren mengenai tentang jasa rental sewa ac nih kawan di lokasi JABODETABEK nih dengan judul artikel "Kharisma Rental AC Jasa Penyewaan AC dan Genset di JABODETABEK".
Sekian dari Admin Ren

Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Computer / Komputer / Komputer Jinjing / Laptop / Sejarah / Technology / Teknologi dengan judul Yuk Mengetahui Sejarah Komputer. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL http://renseo.blogspot.com/2016/08/yuk-mengetahui-sejarah-komputer.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 comments:

Klik di sini untuk bercomments
August 29, 2016 at 7:51 PM ×

Emm... saya baru tau betul tentang sejarah komputer. :-bd

Selamat Untuk Unknown Kamu Yang Berkomentar Pertama Kali...
Balas
avatar image

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon