Istilah Umum yang ada di Dalam SEO ~ RenSEO

Istilah Umum yang ada di Dalam SEO

Istilah Umum yang ada di Dalam SEO

Halo kawan, Sebelum kita memasuki di pembahasan selanjutnya, Admin Ren ingin bertanya nih kepada kamu, Apakah kamu tau istilah istilah umum yang ada dalam Materi SEO?? Oke pasti pemula yang baru mempelajari ilmu SEO ini akan buta untuk istilah istilah umum yang ada didalam SEO. Oke yang masih bingung untuk memahami istilah umum yang ada didalam SEO, Admin Ren akan menjelaskannya jadi mohon disimak dan di pahami untuk penjelasannya ini.

Istilah Umum yang ada didalam SEO

Istilah didalam Keyword Research

Yang pertama kita bahas itu adalah tentang Istilah yang ada didalam Keyword Research. Keyword Research adalah suatu proses mencari kata kunci atau keyword yang tepat untuk ditargetkan yang memiliki tingkat kerendahan dalam persaingan keyword. Keyword Research ini adalah bagian awal dari SEO yang akan mempengaruhi SERP kamu dan kualitas artikel kamu.
Baca juga ya tentang Pengertian Serp dan fungsinya.
Jadi yang perlu kamu hindari itu adalah penggunaan kata kunci atau keyword yang persaingannya itu tingkat tinggi dan bisa dikatakan tingkat yang sangat sulit untuk dicapai di page one. Kenapa? karena saingannya itu cukup kuat dari Backlink, dan juga struktur artikelnya pun bagus. Berikut istilah istilah yang ada di dalam Keyword Research.
  1. Keyword Planner = tool yang dimiliki Google yang berguna untuk mempermudah kita melakukan Keyword Research dengan baik.
  2. Kompetitor = Para pesaing yang ingin mengejar keyword yang ditargetkannya.
  3. Exact Match Types = tipe pencarian keyword yang cukup efektif untuk melakukan keyword yang ada pada title tanpa menambahkan keyword yang lain.
  4. Monthly Searches = Jumlah pencarian perbulan terhadap keyword.

Istilah yang ada didalam SEO Off Page

setelah kamu memahami tentang Istilah yang ada di Keyword Research, sekarang kita akan berpindah ke istilah yang ada didalam SEO Off Page. Berikut istilah dan penjelasannya.
  1. Backlink = suatu tautan link yang ada di website orang lain yang mengarahkan ke website kita
  2. Link Building = proses untuk membangun backlink.
  3. Keyword  (Bisa disebut dengan kata kunci) = kata kata untuk menargetkan pada sebuah halaman atau artikel.
  4. Blog Comment = Salah satu teknik backlink yang mengandalkan untuk berkomentar di website orang lain.
  5. Dofollow = Jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh Bang Google ke halaman yang akan dituju.
  6. Nofollow = Kebalikannya dari Dofollow, yaitu jenis link yang poinnya tidak teruskan oleh Bang Google ke halaman yang akan dituju.
  7. Social Bookmark = Sebuah situs yang memperbolehkan kita untuk mempublish dan membookmark artikel. 
  8. Footprint = yang dimaksud ini adalah menanamkan backlink dibagian Footer website yang kamu input ke Query Pencarian Google.
  9. Link Baiting = backlink yang bisa didapatkan gratis karena blogger lain dengan sukarelanya menaruh link web/blog kita ditampilan web/blog mereka.
  10. Outbound Link = yang dimaksud ini adalah sebuah link yang keluar yang ada disebuah halaman ke halaman lainnya. 
  11. One Way Backlink =  Backlink dengan satu arah, satu arah yang dimaksud adalah sama halnya tentang istilah Blog Comment.
Baca jua nih untuk Pengertian Backlink Dan Manfaat Backlink.

Istilah yang ada di dalam SEO On Page

Setelah kamu memahami Istilah yang ada didalam SEO Off Page, sama halnya dengan game ya, dimana ada Online disitu ada Offline juga. Berikut istilah dan penjelasannya.
Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia
  1. Crawl = Sebuah proses untuk merayapi sebuah situs, siapa yang merayapi atau mengunjunginya? yaitu robot dari Google.
  2. Domain Autorithy = Otoritas sebuah domain terhadap situsnya.
  3. Page Autorithy = Otoritas sebuah halaman website.
  4. Long Tail Keyword = salah satu teknik keyword yang menggunakan keyword yang cukup panjang, gunanya untuk mempermudah mendapatkan rank dimata Bang Google yang disebabkan tingkat persaingan yang lebih sedikit.
  5. Autorithy = Penentuan ke otoritas sebuah website yang menurut google.
  6. Alt Tag = Yang gunanya untuk memberitahukan kepada Bang Google bahwa gambar ini ada namanya. Mengapa harus begitu? Karena Google itu sendiri tidak bisa mengcrawl gambar, itulah sebabnya kita memberikan Alt Tag kepada setiap gambar agar Crawl yang dilakukan Google mengetahui bahwa gambar tersebut memiliki nama.
  7. Heading Tag = Pemberian Tag kepada teks yang gunanya untuk memberitahu teks ini yang terpenting dari yang lainnya.
  8. Title Tag = sebuah tag yang mengatur tampilan judul halaman dibagian browser.
  9. Meta Description = Meta tag yang menampilkan kalimat deksripsi pada halaman website untuk mempermudah pencarian google.
  10. Relevansi = Tingkat relevan yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine yang bisa disebut dengan SERP.
  11. Permalink = url yang ada selain homepage atau halaman awal. misalnya ini adalah http://renseo.blogspot.com/2015/08/istilah-umum-yang-ada-di-dalam-seo.html yang berwana hijau itu yang disebut dengan Permalink.
  12. Bold = mencetak tebal terhadap teks yang berguna sebagai keyword yang perlu dioptimasi.
  13. Undeline = sebuah teks yang digaris bawahi sehingga kesannya itu adalah penting.
  14. Italic = Jangan berfikit ini adalah negara italia ya, Italic ini sebuah teks yang dimiringi yang fungsinya itu sama dengan Underline.

Istilah yang ada didalam Teknik Blackhat SEO

Wah teknik curang ini juga memiliki istilah ya, jadi kamu jangan mencoba untuk teknik seo yang terlarang ini, nanti akan menyebabkan artikelmu nantinya tidak terindex atau di deindex oleh google dan tidak muncul sama sekali di Google SE.
Baca Juga ya Pengertian Whitehat SEO dan Blackhat SEO.
Berikut istilah serta penjelasannya.
  1. Link Spam = terlalu berlebihan untuk menanam backlink dan itu juga di sembarang tempat.
  2. Hidden Text = Teknik sangat dilarang oleh Bang Google, Mengapa dilarang? Karena mereka yang menggunakan teknik ini yang menyembunyikan link yang atau keyword atau juga dengan anchor text yang disamakan text colornya dengan background untuk artikelnya.
  3. Penumpukan Keyword atau bisa disebut berlebihan terhadap Keyword = Menaruh banyak keyword didalam satu artikel agar keyword tersebut dapat dicerna oleh Google SE.
  4. Cloacking = Teknik ini juga dilarang oleh Bang Google, Mengapa? Karena teknik ini membuat SE menampilkan hasil yang berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca ataupun pengunjung, salah satu tekniknya itu adalah melakukan Bot Visitor yang akan membengkak atau ramai, tetapi efek sampingnya itu sangatlah pahit, dan juga perlu kamu ketahui, jika kamu menggunakan Bot Visitor ini adalah yang mengunjungi web/blog kamu itu adalah robot bukan real human. Akibatnya menggunakan Teknik Cloacking ini apa? Jika Bang Google mengetahui kamu memakai teknik terlarang ini, maka website kamu akan di deindex yang sebelumnya saya sudah membahasnya diatas ya.
Jadi jangan menggunakan teknik teknik yang dilarang oleh Bang Google ya, bisa bisa web/blog kamu dilenyapkan begitu saja oleh Bang Google tanpa rasa ampun.

Istilah SEO dalam Algoritma Google

Nah ini yang terakhir ini bagian yang paling penting dan kamu perlu mengetahui Istilah SEO dalam Algoritmanya Google. Berikut istilah dan penjelasannya.


  1. Sandbox = Nah ini bahanya kamu tidak mematuhi aturan yang dibuat oleh Bang Google, nah akibatnya website kamu akan ditahan sementara entah sampai kapan waktunyapun tidak bisa diprediksi oleh kita, hanya Allah / Tuhan atau Google yang tau kapan kamu keluar dari Sandbox.
  2. Honeymoon = Istilah ini menggambarkan sebuah website yang bisa berada di halaman satu di pencarian google atau bisa disebut Page One dalam beberapa saat dan jika tidak dioptimasi secara benar,  posisi itu akan bisa saja berubah dan merosot secara perlahan ataupun secara drastis. Nah untuk Honeymoon ini bisa disebut dengan bentuk kasih sayang dan cintanya kepada kalian sebagai blogger, hahaha...
Jadi itulah penjelasan tentang Istilah Umum yang ada di Dalam SEO. Sekarang kamu sudah tau kan? Hehe walaupun banyak tapi setidaknya kamu bisa memahaminya beberapa istilah yang menurut kamu itu penting untuk dipahami. Oke saatnya Admin Ren pamit.
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Blogger / SEO dengan judul Istilah Umum yang ada di Dalam SEO. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL https://renseo.blogspot.com/2015/08/istilah-umum-yang-ada-di-dalam-seo.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

8 comments

Klik di sini untuk bercomments
August 10, 2015 at 7:43 PM ×

mantab gan buat panduan ane soalnya ada beberapa kata yang gc ane mengerti

Balas
avatar image
August 10, 2015 at 7:45 PM ×

lengkap dah.
sangat berguna bagi newbie seperti saya :)

Balas
avatar image
August 10, 2015 at 9:05 PM ×

makin luas nih pengetahuan tentang seo ane , maksih ya gan

Balas
avatar image
October 15, 2015 at 7:21 PM ×

awalnya ane gak faham tuh seo. kirain apaan yak. sekrg2 udah faimiliar lah hehe. nice info

Balas
avatar image
October 15, 2015 at 8:08 PM ×

gampang gampang bingung belajar seo,

Balas
avatar image
October 24, 2015 at 1:48 PM ×

Banyak juga ya istilah istilah yg ada di SEO, makin luas pengetahuan saya mengenai SEO.

Balas
avatar image
October 31, 2015 at 5:40 PM ×

Kebanyakan ilmu seo jadi pusing

Balas
avatar image
October 31, 2015 at 5:43 PM ×

Saya juga pusing mas. Haha.

Balas
Admin Renaldi

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon