Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS, Ini Pengaruhnya ~ RenSEO

Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS, Ini Pengaruhnya

Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS, Ini Pengaruhnya


Halo kawan, Admin Ren ingin memberi tau tentang Akibat Negatifnya jika kamu sering melakukan Install Ulang di PC/Laptop kamu. Sebagian orang ada yang berfikiran kalau pembahasan ini masih mitos, tetapi menurut Admin Ren itu tidak mitos. Alasan alasan apa yang sering kamu lakukan ketika kamu ingin menginstall ulang komputer kamu, alasannya itu karena perfomance PC/Laptop lemot, PC/Laptop kamu terkena virus, ingin mencoba operating system yang baru, dll. Dari alasan yang Admin Ren jelaskan, mana yang mencerminkan kamu? Boleh kamu jawab di komentar ya untuk pertanyaan ini. 

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

Oke Admin Ren akan jelaskan akibat akibat apa jika kamu sering install ulang operating system terhadap PC/Laptop kamu, sebelumnya itu, Admin Ren ingin menjelaskan sesuatu. Resikonya jika kamu sering menginstall ulang itu adalah kerusakan terhadap hard drive atau harddisk kamu. Kenapa Hard Drive atau Harddisk yang rusak? Karena proses instalasi akan menyebabkan hard drive atau harddisk kamu rusak, proses instalasinya itu terbilang cukup berat karena proses instalasi memakan waktu yang cukup lama.
Resiko dan pengaruhnya itu bukan hanya itu, berikut penjelasan mengenai Resiko dan Pengaruhnya jika kamu sering install ulang OS


Menyebabkan Kamu Ketergantungan


Hah mengakibatkan ketergantungan? Kenapa begitu? Karena jika kamu memiliki masalah sedikit terhadap komputer yang sudah Admin Ren jelaskan di atas mengenai alasan alasan mengapa kamu ingin menginstall ulang. Karena ketergantungan kamu karena kamu sering install ulang, pengaruhnya jelas di hard drive atau harddisk, bisa saja kamu mengalami BS(Bad Sector) di hard drive atau harddisk kamu. 


Rusaknya Hardware


Rusaknya Hardware? Hardwarenya yang mana? Ya hard drive atau harddisk kamu. Proses instalasi itu tidak cepat seperti kamu mengcopy paste data atau file kamu ke Desktop. Kenapa bisa rusak Hardwarenya? Karena jika kamu sering kali menginstall ulang, nantinya akan berdampak kepada hard drive atau harddisk kamu yang nantinya akan kurang sehat atau bisa saja BS(Bad Sector). Proses instalasinya itu memanglah terbilang berat, secara tidak sadar hard drive atau harddisk perlahan-lahan melemah yang nantinya akan mengakibatkan kerusakan terhadap hard drive atau harddisk tersebut


Data kamu akan Hilang saat menginstall ulang


Waduh kok ke data-data ya, jika datanya itu bersifat sangat penting untuk kamu, dan kamu terlanjur memformat semua partisi tanpa kamu backup, wah sangat bahaya kawan, resikonya itu data-data yang kamu miliki mau aplikasi atau apapun itu, akan hilang semuanya ketika sudah terlanjur di format semua partisi ketika kita ingin menginstalasi ulang komputer / laptop kamu yang bertujuan untuk mengkosongkan partisi. Jadi kawan, sebelum kamu menginstalasi ulang komputer / laptop kamu, segeralah kamu backup data-data yang menurut kamu penting ke perangkat penyimpanan lain. Kalau tidak, wah resikonya itu harus menahan sakit hati ketika kamu kehilangan data-data yang menurut kamu penting.

Kesimpulan dari Admin Ren yaitu Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS terhadap PC/Laptop kamu, apapun alasannya itu. Jika kamu ingin menginstall ulang ya sesuai dengan sesuai kebutuhan saja, janganlah seperti orang yang terkena over dosis karena sering install ulang, jika kamu ingin mencoba operating system yang baru, bisa kamu coba melalui aplikasi virtualnya saja jangan kamu terapkan kepada PC/Laptop kamu, kasihan nantinya. Jangan lupa ya untuk menjawab pertanyaan Admin Ren.

Itu saja yang dapat Admin Ren jelaskan mengenai Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS, Ini Pengaruhnya. Sekian dan Terima kasih.
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Hardware / Informasi / Komputer / Laptop / Media Penyimpanan / Software dengan judul Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS, Ini Pengaruhnya. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL https://renseo.blogspot.com/2015/09/dampak-buruk-jika-terlalu-sering-install-ulang-os.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

4 comments

Klik di sini untuk bercomments
December 9, 2015 at 5:34 AM ×

Hmm mungkin akan lebih baik jika tidak menyimpan data2 penting di C:\, karena ketika ada kerusakan os dan mengharuskan install ulang, data tersebut tidak hilang. Data yang tersimpan di C:\ misal Documents, Music, Videos, Downloads, jadi usahakan tidak menyimpan data di folder tersebut.

Balas
avatar image
January 17, 2016 at 1:34 PM ×

Sorry min, ane malah ga setuju dengan ente.
Ente buat post begini sudah pasti belum klo emang bakalan Bad Sector? atau bahkan rusak ?
kasian orang awam nantinya klo dia baca begini trus ga lama laptopnya mo diinstall ulang dianya bakalan ketakutan sendiri dan jadi takut klo mo install ulang (biasanya cewe).

Ane ngebantah bukan karena apa, ane dah pernah magang di 2 toko servis komputer,. dan belum pernah tuh ada kasus HDD rusak gara2 sering install ulang.
paling hddnya tuh rusak gara2:
-Sering mati listrik (yg PC), klo yg laptop mati tiba2 gara2 ngecharge cabut batere
-Jatuh
-Engga pernah defrag dan cabut hdd ext tanpa di eject (nah ini pernah ada 2 kasus, yg 1 laptop gara2 ga pernah defrag dan isi hddnya penuh banget, yg 2 hdd ext ga pernah defrag dan sering cabut tanpa eject). yg 1 itu parah bener dia booting masuk ke windows aja lama bener, sekalinya masuk tetep ngeloading dan akhirnya not responding. trus klo ngopy data juga ga tercopy-copy ngeloading aja terus dia.
nah yg ke 2 ini hampir sama kaya yg 1 tadi sampe ujung2nya not responding juga.

trus waktu nginstall yang lama. ente ada pc / laptop? berapa jam sehari hidupnya? atau bahkan seharian hidupnya ? nah,. selama ente pake itu selama itulah hddnya jalan.
itu yg lebih berbahaya ketibang ente nginstall ulang,. karena HDD ente bisa overheat(kepanasan) karena hddnya hidup terus.


Ane aja sering install ulang laptop ane dan alhamdullilah ga ada masalah ampe sekarang,. ane cek pake aplikasi HDD Tune (klo gasalah) ga ada bad sector HDD ane,.
laptop ane dari tahun 2012, dan hdd ext ane dari 2013 alhamdullilah ga ada masalah semuanya,..
yaa karena laptop dan hdd ext ane sering ane defrag...

yaa begitulah kurang lebih, CMIIW

Balas
avatar image
January 18, 2016 at 8:35 AM ×

Halo Rotaku, artikel ini bukan untuk menakuti atau semacamnya mas, hanya sekedar untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan mas. Dan kalau mau install ulang itu harus mempertimbangkannya, kalau karena kerusakan, kerusakannya itu bisa diperbaiki tanpa install ulang itu akan lebih baik. Mungkin aja ada orang yg bermasalah dengan PC / laptopnya dikit-dikit install ulang, apa-apa install ulang, nah itu yang menurut saya tidak baik. Kalau kerusakan pada PC / laptop itu tidak bisa diperbaiki tanpa install ulang, maka segeralah install ulang. Saya juga pernah install ulang kok, tapi tidak terlalu sering. Terima kasih sudah berkunjung.

Balas
Admin Renaldi
January 18, 2016 at 8:36 AM ×

Lebih baik membackup datanya melalui Hardisk External atau backupnya selain di data "C:\", hehe.

Balas
Admin Renaldi

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon