Apa itu Algoritma Pemrograman? ~ RenSEO

Apa itu Algoritma Pemrograman?

Apa itu Algoritma Pemrograman?


Halo kawan, kali ini Admin Ren akan membahas mengenai Pengertian Algoritma Pemrograman. Buat kamu yang baru terjun di dunia Programming, tentunya kamu harus faham dengan yang namanya Algoritma. Sebenarnya algoritma itu bukan hanya diterapkan di pemrograman saja, tapi di kehidupan nyata pun juga bisa diterapkan. Mungkin salah satunya kamu yang mempelajari tentang matematika dan juga pemrograman, pasti akan keliru tentang Logaritma dan Algoritma. Haha dari huruf saja beda dan maksudnya pun pasti beda, jadi jangan keliru ya.

Asal-muasal Kata Algoritma dan Pengertian Algoritma


Seperti Admin Ren jelaskan diatas, Algoritma bukan hanya untuk pemrograman saja, tetapi di kehidupan nyata pun juga ada algoritma. Algoritma adalah suatu langkah langkah yang sudah disusun secara sistematis dan berurutan yang bertujuan untuk menyelasaikan masalah, entah itu masalah pribadi, keuangan, tapi jangan tentang masalah galau ya, Admin Ren jarang juga melihat algoritma orang galau, Hehehe. Berbeda lagi dengan Algoritma Pemrograman, Algoritma Pemrograman adalah suatu langkah langkah yang sudah tersusun secara sistematis dan berurutan yang bertujuan untuk menyelasaikan masalah pemrograman komputer. Algoritma muncul dari Algoritmi, bentuk latin dari Al-Khwarizmi, Matematikawan, Ahli Astronomi, dan juga Ahli Geografis dari Persia. Kata Algoritma datang dari nama matematikawan tersebut pada abad ke-9 yang bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, yang hasil kerjanya di bangun dari matematikawan dari India pada abad ke-7. Kata Algorisma awalnya mengacu hanya pada aturan-aturan untuk melakukan aritmatika menggunakan bilangan, seiring waktu berjalan, kata Algorisma telah berkembang melalui penerjamahan Latin Eropa dari nama Al-Khwarizmi menjadi Algoritma pada abad ke-18. Penggunaan kata tersebut berkembang menjadi semua prosedur yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah atau melakukan kegiatan. Admin Ren ambil dalam pemrograman yang sederhana saja dulu, algoritma merupakan langkah pertama yang harus di tulis sebelum membuat program atau aplikasi. Masalah yang dapat diselesaikan dengan komputer adalah masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.

Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia

Oke Admin Ren akan memberikan contoh dari Algoritma tentang Cara Menghidupkan Komputer, berikut langkah-langkahnya:


  1. Sebelum menyalakan Komputer, pastikan kabel kabelnya sudah terpasang dan sudah tersambung di Stopkontak.
  2. Sudah dipastikan tersambung semuanya, hidupkan monitor dahulu sebelum menghidupkan CPU
  3. Setelah itu, kamu hidupkan CPU sampai proses masuk OS selesai baru bisa digunakan.
Langkah langkah yang Admin Ren jelaskan mengenai Cara Menghidupkan Komputer itu termasuk Algoritma juga. Perlu di ingat ya, Algoritma ini tidak hanya diterapkan untuk pemrograman saja, tetapi juga Algoritma bisa di terapkan di dunia nyata. Di dalam dunia Programming, Algoritma adalah proses pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman yang ada dengan Syntax yang berbeda dari tiap bahasa pemrograman, maka tersusunlah program dan jadilah sebuah software.
Pada intinya, pengertian Algoritma adalah suatu langkah langkah yang logis dan sistematis untuk menyelasaikan suatu masalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Selesai deh penjelasan mengenai Pengertian Algoritma. Jadi kamu sudah faham belum mengenai Apa itu Algoritma Pemrograman? Pengertian Algoritma? Tambahan lagi tuh tentang asal muasal dari kata Algoritma.
Itu saja yang Admin Ren tau mengenai tentang Pengertian Algoritma. Kalau kamu ingin bertanya, silahkan bertanya di dalam komentar ya. Sekian dan Terimakasih
Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Bahasa Pemrograman dengan judul Apa itu Algoritma Pemrograman?. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL https://renseo.blogspot.com/2015/09/pengertian-algoritma-pemrograman.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 comments:

Klik di sini untuk bercomments
June 19, 2018 at 8:56 AM ×

Topik menarik kok jarang komen ya

Selamat Untuk Unknown Kamu Yang Berkomentar Pertama Kali...
Balas
avatar image

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon