Apakah Linux Kebal Dengan Virus Dibandingkan Dengan Windows? ~ RenSEO

Apakah Linux Kebal Dengan Virus Dibandingkan Dengan Windows?

Apakah Linux Kebal Dengan Virus Dibandingkan Dengan Windows?


Assalamualaikum kawan, pernakah kamu berfikir tentang virus di komputer? Dan Admin Ren ingin bertanya kepada kalian, dari dua Sistem Operasi yaitu Windows dan Linux, dari kedua sistem operasi tersebut, manakah yang kebal terhadap virus? Oke itu bisa dijawab di kolom komentar ya. Admin Ren ingin mengulas tentang membandingkan kekebalan dari kedua sistem operasi ini, yaitu windows dan linux.
Baca juga nih jobsmart.co.id : Situs informasi lowongan kerja terbaru di indonesia
Banyak orang yang berpendapat bahwa Linux itu kebal terhadap virus apapun dibandingkan dengan Windows. Tidak hanya Windows yang memiliki antivirus, tetapi antivirus di Linux itu juga ada lho. Tetapi menurut Admin Ren, kamu memasang antivirus di Linux itu hanyalah sia sia saja. Mengapa sia sia Admin Ren? Kan kita ingin mencegah virus masuk di sistem operasi yang kita pakai.

Linux tidak terlalu banyak virus dibandingkan Windows

Untuk membandingkannya, lebih banyak manakah virus di Linux atau di Windows? Admin Ren berpendapat bahwa virus di Linux itu tidaklah banyak dibandingkan Windows. Mungkin alasan orang yang berpendapat bahwa Linux kebal terhadap virus ini, karena virus di Linux itu sedikit. Kalau kamu pengguna sistem operasi windows, aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh Windows adalah Antivirus, karena sangatlah wajib untuk kamu pengguna Windows untuk mencegah datangnya virus. Sebenarnya Admin Ren user Windows juga, tetapi tidak memakai Antivirus, lagi mencoba coba saja sih, tapi sudah 1(satu) tahun lamanya tidak ada antivirus yang masuk di PC saya(karena saya menggunakan PC). Tetapi kalau kamu user Linux, sebenarnya peran aplikasi antivirus ini tidak begitu penting menurut Admin Ren. Karena, virus di Linux itu tidak begitu banyak dibandingkan Windows.


Keamanan Linux lebih ampuh daripada Windows


Dari awal terbuatnya Windows, Windows sudah memiliki celah-celah keamanannya, dan orang orang berbuat jail tersebut membiarkan virus itu berkembang biak di Windows. Masalah keamanan sistem operasi Linux, linuxlah yang cukup ketat, contohnya:

Default user Linux bukanlah root


Default user di linux bukanlah root, dari sinilah virus tidak memiliki hak akses penuh sehingga virus susah untuk menyerang sistem di Linux. Coba kita bandingkan dengan Windows, default user pada windows itu adalah Administrator Windows, hal inilah yang menyebabkan Windows sangatlah rentan terhadap virus dan virus sangatlah mudah masuk pada sistem operasi Windows.


Registry


Registry sudah menjadi tempat persembunyian dari berbagai macam virus. Windows terdapat registry yang dimanfaatkan oleh virus untuk menyembunyikan informasinya. Itulah penyebabnya kalau kita menghapus file virus ada lagi dan ada lagi, dan ada juga yang tidak bisa dihapus. Huhuhu kalau tidak bisa dihapus kan berbahaya banget. Linux tidak memiliki registry seperti Windows, yang ada di Linux hanyalah konfigrasi file dan untuk mengkonfigurasinya itu perlu hak akses root supaya kita bisa mengkonfigurasi file tersebut.


Sistem operasi Linux belum terkenal seperti Windows


Meskipun banyak distro linux yang ada dan menurut Admin Ren itu ada yang menarik perhatian Admin Ren untuk menggunakannya, namun pada realitanya pun masih banyak yang menggunakan sistem operasi windows walaupun sistem operasi tersebut berbayar, dan bisa saja dibuat menjadi gratis dengan cara jail mereka. Jadi penyebabnya virus di Linux itu tidak terlalu banyak mungkin belum terkenalnya Linux seperti halnya Windows.

Mungkin itu saja dari Admin Ren untuk membandingkan kedua sistem operasi ini tetang kekebalan mereka terhadap virus. Jadi Admin Ren bertanya kembali, manakah dari kedua sistem operasi tersebut yang kebal terhadap virus? Dari kedua sistem operasi tersebut, manakah yang paling sedikit terjadinya infeksi virus? Lebih banyak virus pada sistem operasi manakah? Mungkin pertanyaan dari Admin Ren bisa dijawab melalui kolom komentar yang Admin Ren sediakan. Sekian dari Admin Ren mengenai Apakah Linux Kebal Dengan Virus Dibandingkan Dengan Windows? Semoga bermanfaat untuk kamu ya.

Wassalamualaikum War'rahmatulahi Wabarakatu.
Kamu baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Terkini / Informasi / Komputer / Laptop / Linux / Microsoft / Operating System / Sistem Operasi / Windows dengan judul Apakah Linux Kebal Dengan Virus Dibandingkan Dengan Windows?. Kamu bisa bookmark halaman ini dengan URL https://renseo.blogspot.com/2015/12/apakah-linux-lebih-kebal-dengan-virus-dibandingkan-dengan-windows.html. Terima kasih telah berkunjung ke Website Ini!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 comments:

Klik di sini untuk bercomments
September 26, 2020 at 6:17 PM ×

Kalau android dan iOS lebih kebal mana

Selamat Untuk Unknown Kamu Yang Berkomentar Pertama Kali...
Balas
avatar image

Berkomentarlah dengan relevan ya kawan. Gunakannlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh orang lain, dan jangan kata-kata yang mengandung SEX, SARA, dan lain sebagainya.

Admin Ren

ConversionConversion EmoticonEmoticon